AKUNTAN INDONESIA MASIH TERTINGGAL DENGAN NEGARA LAIN

Jasa Konsultan Keuangan – Pada awal tahun kemarin tanggal 1 Januari 2016, kita sudah memasuki masa MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) atau era pasar bebas. Dimana negara – negara ASEAN  bebas menjual produk dan jasa ke negara – negara ASEAN dan untuk para pekerja juga dapat bekerja di negara – negara ASEAN. Istilahnya para pekerja dapat merantau ke negara anggota ASEAN. Tujuan dari MEA adalah untuk menarik investor – investor asing untuk menanam modal di negara – negara ASEAN dan untuk menyaingi negara Amerika dan China. Tujuan lainnya juga adalah agar dapat membuka lapangan pekerjaan yang luas.

Ketika masa MEA maka persaingan demi persaingan mulai terjadi. Khususnya untuk para pekerja, pemerintahan, dan pengusaha di Indonesia harus menyadari bahwa negara kita masih lemah dan seperti yang kita ketahui bahwa sumber daya manusia di Indonesia masih kurang aktif dan berprestasi jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Apakah kita bisa bersaing menghadai MEA ?

Kelulusan jurusan pendidikan yang paling banyak di Indonesia adalah Akuntansi. Indonesia tiap tahunnya meluluskan kurang lebih 35.000 mahasiswa akuntansi. Negara Indonesia yang paling berkontribusi dalam kelulusan mahasiswa akuntansi. Artinya sebenarnya dalam era MEA ini Indonesia sudah memegang dalam profesi akuntan. Akan banyak peluang akuntan Indonesia untuk lebih berkarier. Tetapi kenyataannya akuntan Indonesia masih tertinggal dengan negara lain. Akuntan dan pemerintah harus berusaha keras untuk menangani masalah ini.

Pemerintah sudah mempunyai salah satu solusi, yaitu dengan meningkatkan pengetahuan akuntan Indonesia dan meningkat akuntan yang beregistrasi dan mempunyai sertifikat – sertifikat mengenai ilmu akuntansi. Dengan bekal pengetahuan dan sertifikat dapat membantu para akuntan Indonesia untuk bersaing dengan negara ASEAN lainnya dalam profesi akuntan. Untuk menjalankan solusi tersebut pemerintah bekerja sama dengan organisasi IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia), stakeholder, dan ICAEW (The Institute of Chartered Accountants in England and Wales). Pemerintah juga berharap bagi para lulusan akuntansi untuk menyiapak strategi – stratergi yang bermutu untuk menghadapi persangaian di era MEA ini. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi, persaingan akan semakin lebih ketat akuntan harus lebih relevan.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Add Your Comments