Accounting service

 

  1. Jasa penyusunan Laporan Keuangan
    Jasa kompilasi/penyusunan laporan keuangan adalah jasa menyusun laporan keuangan berdasarkan data transaksi keungan perusahaan yang sudah dibuat dalam bentuk soft copy.Apakah ini masalah pembukuan perusahaan Anda?
    – Manajemen perusahaan anda telah membuat rekapan bukti-bukti keuangan namun belum dapat menyusun Laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
    – Laporan keuangan yang dihasilkan dari software akuntansi perusahaan anda belum cukup informative dan belum sesuai Standar Akuntansi Keuangan.Jika itu masalah pembukuan perusahaan anda seperti diatas maka jasa penyusunan laporan keuangan kami anggap cocok untuk solusinya.

    Bagaimana kondisi data perusahaan Anda?

    Jasa kompilasi/penyusunan laporan keuangan kami tawarkan apabila data-data perusahaan sudah dibuat dalam bentuk rekapan soft copy kemudian kami akan melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Keuangan.

    Apabila data-data untuk menyusun laporan keuangan belum lengkap, maka kami akan meminta kepada manajemen untuk melengkapi data-data yang dimaksud agar dilengkapi terlebih dahulu.
    Apabila anda belum melakukan rekap dokumen transaksi perusahaan kami akan mengirimkan format rekapan yang harus dilengkapi oleh perusahaan sesuai dengan dokumen-dokumen yang dimiliki oleh perusahaan. Format yang akan kami kirimkan adalah sebagai berikut;

    – Buku kas
    – Buku bank
    – Rekap penjualan
    – Rekap pembelian
    – Laporan persediaan
    – Daftar aset tetap perusahaan

    Identifikasi kebutuhan perusahaan Anda
    Untuk mempermudah identifikasi kebutuhan perusahaan terkait dengan jasa kompilasi kami bagi menjadi 2 katagori;
    1. Tipe A
    Dalam kondisi ini perusahaan belum membuat laporan keuangan secara utuh sehingga kami melakukan penyusunan laporan keuangan terlebih dahulu.
    Data-data yang seharusnya sudah dimiliki perusahaan dalam tipe ini adalah sebagai berikut;
    – Buku kas untuk mencatat transaksi keluar masuknya kas
    – Buku bank untuk mencatat transaksi keluar masuknya bank
    – Rekap penjualan untuk mencatat transaksi penjualan
    – Rekap pembelian untuk mencatat transaksi pembelian
    – Laporan persediaan untuk mencatat transaksi keluar masuknya persediaan ke gudang
    – Daftar aset tetap perusahaan
    Kondisi perusahaan yang menggunakan tipe A biasanya perusahaan yang sedang startup dalam usahanya dan belum memiliki standar format administrasi pembukuan yang baku.

    2. Tipe B
    Dalam kondisi ini Perusahaan sudah membuat laporan internal namun belum memenuhi Standar Akuntansi Keuangan sehingga perlu di buatkan 1 set laporan keuangan secara utuh, yang terdiri dari (Neraca, Laba rugi, Laporan ekuitas, Laporan arus kas dan Catatan laporan keuangan).

    Data-data yang seharusnya sudah dimiliki perusahaan dalam tipe ini adalah sebagai berikut;
    – Buku besar perusahaan
    – Neraca saldo
    Untuk jasa kompilasi/penyusunan laporan keuangan tipe B biasanya manajemen sudah menggunakan software akuntansi namun laporan keuangan yang dihasilkan belum sesuai dengan Standdar Akuntansi Keuangan.

  2. Jasa Pengelolaan Administrasi Pembukuan
    Yaitu jasa mengelola pembukuan dari pembuatan jurnal dari transaksi keuangan perusahaan hingga menjadi sebuah laporan keuangan. Pembuatan jurnal yang kami lakukan berdasarkan voucher-voucher yang dibuat oleh perusahaan terlebih dahulu.Apakah ini masalah pembukuan perusahaan Anda?
    – Perusahaan Anda belum memiliki format administrasi pembukuan yang terkonsep secara sistematis, dikarenakan perusahaan baru berdiri.
    – Perusahaan Anda hanya memiliki bagian keuangan dan tidak memiliki karyawan akuntansi.
    – Perusahaan Anda tidak berencana melakukan recruitment karyawan akuntansi
    – Perusahaan Anda tidak ingin disibukkan dengan kegiatan data entry dan pembukuan laporan keuanganJika masalah pembukuan perusahaan anda seperti diatas maka jasa pengelolaan pembukuan kami anggap cocok untuk solusi perusahaan Anda.

    Ruang lingkup pekerjaan pengelolaan pembukuan

  • Bukti-bukti transaksi keuangan dibuat oleh bagian keuangan perusahaan
  • Bagian keuangan membuatkan voucher pengeluaran dan penerimaan kas/bank untuk masing-masing transaksi keuangan.
  • Secara periodik (Misalnya 1 bulan), Perusahaan mengirimkan bukti-bukti keuangan beserta vouchernya ke MSS Consulting untuk di buatkan jurnal transaksinya.
  • Jurnal transaksi akan dibuat oleh MSS Consulting sampai menjadi laporan keuangan perusahaan
  • Laporan keuangan beserta transaksi pendukungnya akan dikirimkan kembali ke perusahaan
  • Laporan keuangan yang kami berikan (Neraca, Laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan).
    “Jasa ini kami tawarkan kepada perusahaan yang tidak berencana melakukan rekrut karyawan bagian akuntansi.”